“Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Ibnu Majah & Abu Dawud)                 Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya. ( Ali bin Abi Thalib )

Friday, April 12, 2019

INTEGRASI ISO 9001:2015 DAN STANDAR AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

SALAM QHSE
Sebuah keberuntungan pada momen ini bisa diberi kesempatan untuk kembali mengisi konten yang ada di Blog ini, yang mudah - mudahan bisa memberikan manfaat dan keberkahan bagi para pembacanya. Kali ini, penulis ingin menuliskan keterkaitan antara Standar Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015 dengan Standar Akreditasi Perguruan Tinggi).

Kenapa harus dikaitkan dengan Standar Akreditasi Perguruan Tinggi ?
Tujuan dari proses akreditasi adalah untuk menilai kesesuaian hasil dari proses pengelolaan yang dilakukan oleh institusi perguruan tinggi terhadap standar yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.
Standar Akreditasi Perguruan TInggi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam menjamin mutu pengelolaan pendidikan tinggi. Saat ini institusi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan akreditasi bagi institusi pendidikan tinggi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Standar yang ditetapkan oleh BAN-PT pada instrumentasi akreditasi institusi perguruan tinggi tahun 2011 ada 7 yaitu:
  1. Standar 1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian
  2. Standar 2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu
  3. Standar 3. Mahasiswa dan lulusan
  4. Standar 4. Sumber daya manusia
  5. Standar 5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
  6. Standar 6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
  7. Standar 7. Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama


Manfaat integrasi penerapan ISO 9001:2015 dengan Standar Akreditasi Perguruan Tinggi
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015) mampu menjadi kerangka acuan sistem penjaminan mutu internal untuk memastikan bahwa proses pengelolaan sesuai dengan visi dan misi dan peningkatan mutu dilakukan secara berkelanjutan.
Institusi perguruan tinggi yang mengintegrasikan ISO 9001:2015 dengan Standar Akreditasi BAN-PT dapat mengarahkan pengelolaan bukan hanya pada pemenuhan standar tetapi juga untuk peningkatan mutu yang berkelanjutan untuk memenuhi tuntutan akan mutu pendidikan yang terus berkembang.

Integrasi ISO 9001:2015 dengan standar akreditasi perguruan tinggi dibuat dalam metode pemetaan persyaratan standar akreditasi institusi perguruan tinggi dan persyaratan standar ISO 9001:2015.







No comments:

Post a Comment

Popular Posts